Jumat, 20 Juli 2012

Wisata Kali Suci, Wonosari

Waktu begitu cepat berlalu, padahal terasa baru kemaren melakukan Inisiasi (sejenis MOS jika di sekolah) sekarang sudah dihadapi dengan acara Pelepasan & Wisuda. Tak terasa waktu berlalu sangat cepat, kebersamaan lima tahun dengan teman ibaratkan matahari terbit dan tenggelam pada hari itu juga. Acara wisuda tinggal 2 minggu lagi, hari-hari pun terasa semakin lama dan semakin memperpendek masa-masa kebersamaan kami. Masing-masing teman sudah mulai merencanakan kemana mereka akan pergi, ada yang pulang kampung dan ada pula yang masih ingin tinggal di Jogja.

Sebelum kami berpisah, kami pun melakukan acara "perpisahan" yaitu melakukan perjalanan wisata ke beberapa tempat wisata di sekitar Jogja sebagai suatu kenangan yang tidak akan kami lupakan selama di kota pelajar ini. 

Wisata pertama yang kami lakukan adalah Wisata menyusuri goa di daerah Wonosari. Goa tersebut adalah "Kali Suci" yang merupakan sungai yang berada di bawah tanah yang mengalir melewati beberapa goa dan bermuara di laut selatan. Lokasi Kali Suci terletak di Desa Pacarejo, 10 kilometer dari Kecamatan Wonosari kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Tidak semua goa dapat lalui dikarena tingkat keamanan masing-masing goa tidak sama. Hanya ada 2 goa yang kami lalui yaitu Goa Kali Suci dan Goa Glatik. Selain menyusuri goa, wisata ini juga melewati beberapa arum jeram yang lumayan "ektrim" sehingga dalam melewatinya kami harus dibantu oleh para guide. Walaupun ekstrim, arum jeram di Kali Suci tidak terlalu berbahaya bagi para pemula.




Petualan mengarungi goa memerlukan waktu kurang lebih selama 2 jam dengan jarak tempuh 500 meter yang di mulai dari Kali Suci, Gua Kali Suci, Luweng Glatik, Goa Glatik, dan Luweng Gelung. Di dalam goa kita akan melihat pemandangan indah dari stalagtit dan stalagmit. Selain keindahan dari goa, terdapat juga mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Menurut warga setempat, mata air dari Kali Suci dapat menyembuhkan semua penyakit. Percaya atau tidak, intinya itu adalah sebuah mitos.


Bagian akhir dari menyusuri gua adalah Tracking. Tracking adalah kegiatan memanjat tebing yang sangat curam sehingga memerlukan bantuan tali untuk memanjat. Selain kemiringan yang sangat curam, tinggi tebing juga mencapai 60 meter dan tanah yang basah menjadi kesulitan tersendiri.

Untuk berwisata ke Kali Suci para wisatawan cukup merogoh kocek sebesar Rp 70.000/orang. Biaya tersebut sudah termasuk satu paket dengan peralatan keamanan, guide, ban, air mineral, dan makanan ringan. Tapi jika Anda pergi berombongan mungkin Anda bisa mendapatkan diskon seperti yang terjadi pada kami. Syaratnya sih kalian harus lebih dari 10 orang dan harus pintar-pintar menawar (saran: yang menawar adalah wanita cantik). heheeeee....


2 komentar:

  1. Biayanya RP65.000 Fred,
    Berkunjung ke yoannesrio.blogspot.com ya!

    BalasHapus
  2. kemaren toe kita dapat diskon mas bro maka nya 65ribu

    BalasHapus