Jumat, 20 Juli 2012

Taman Buah Mangunan

Taman Buah Mangunan terletak sekitar 35 kilometer dari kota Yogyakarta, tepatnya di Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Dalam perjalanan ke sana cukup mudah karena cukup dengan mengikuti arah dari plang hijau petunjuk arah. Jika Anda dari Jogja, cukup mengikuti plang hijau yang mengarah ke Imogiri dan selanjutnya mengikuti arah plang hijau Taman Buah Mangunan.

Begitu sampai di jalan masuk Taman Buah Mangunan maka Anda di sambut dengan Gapura Taman Buah Mangunan. Dari Gapura kita harus berjalan lagi kurang lebih 200 meter lagi menuju kantor dan pembelian Tiket Taman Buah Mangunan. Biaya Tiket masuk Taman Buah Mangunan adalah sebesar Rp5.000/orang. Dengan biaya masuk sebesar itu kita bebas kemana saja di dalam kawasan Taman Buah Mangunan. 

Setelah masuk ke kawasan Taman Buah Mangunan kita disuguhkan pepohonan hijau dan perbukitan nan indah. Tanaman di Taman Buah Mangunan dibudidayakan di alam secara langsung dan beberapa dibudidayakan di rumah kaca. Kawasan Taman Buah Mangunan memperbudidayakan tanaman buah musiman dan sayuran organik. Buah musiman yang diperbudidayakan antara lain mangga, belimbing, jambu, rambuatan, jeruk, stroberi, dan durian montong, sedangkan sayuran organiknya adalah terong dan cabai keriting. 

Tempat yang paling spesial dari Taman Buah Mangunan adalah "puncak" dimana kita dapat melihat perbukitan dan lereng serta sungai yang mangalir diantara perbukitan yang susah dijelaskan dengan kata-kata. Begitu indahnya pemandangan didepan mata kami membuat kami hanya bisa bilang dalam hati "begitu indah ciptaan mu, ya Tuhan". Walaupun lokasi puncak yang kami datangi tidak terawat secara baik tidak menggurangi kegembiraan kami berwisata di Taman Buah Manguanan.

Tapi pada musim kemarau seperti kunjungan wisata kami, Pohonan nan hijau tidak terlihat karena pepohonan sedang melakukan pengguguran daun akibat dari musim kemarau. Selain itu, pada musim kemarau saat kami berkunjung, tanaman buah sebagai tanaman unggulan di Taman Buah Mangunan tidak ada satu jenis pun yang berbuah sehingga kami tidak dapat merasakan manisnya buah di Taman Buah Mangunan

Untuk menambah keseruan wisata kami, sebelum kembali ke Jogja kami menyempatkan dulu ke Hutan Pinus yang tidak jauh dari situ. Berwisata ke Hutan Pinus tidak butuh mengeluarkan biaya masuk (tiket), cukup membayar parkir kendaraan Anda di tempat parkiran yang telah disediakan.


0 comments:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com

Posting Komentar